PT.GUDANG GARAM Tbk.

1958 Gudang Garam
Ditemukan Adalah titik awal berdirinya perusahaan rokok Gudang Garam yang bermula
dari sebuah industri rumahan. Produk kretek yang diproduksi pertama kali adalah
SKL dan SKT.
Disini penulis akan menjabarkan tentang proses bisnis
yang ada di dalam peusahaan PT Gudang Garam Tbk.
adalah sebuah perusahaan produsen rokok populer asal Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 26
Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo, yang
merupakan pemimpin dalam produksi rokok kretek.
Perusahaan ini terletak di kota Kediri.
Perusahaan ini menempatkan pabriknya di kota Kediri karena perusahaan ini memiliki
kompleks tembakau sebesar 514 area dan lebih dekat dengan bahan bakunya di kota Kediri, Jawa timur. Lokasi
pabrik ini dekat dengan pemukiman masyarakat sehingga sering terjadi konflik karena polusi udara dari bau
cengkeh dan tembakau dari truk-truk yang parkir
di area pabrik. Sumber daya
manusia diambil dari masyarakat sekitar daerah tersebut.
Didalam proses bisnisnya PT Gudang Garam
tbk mempromosikan produknya melalui iklan-iklan di televisi, radio maupun Koran. Selain itu
promosi produk juga dilakukan lewat spanduk yang di pasang diberbagai tempat dan pemasangan billboard. PT Gudang
Garam tbk dalam perjalanannya juga melakukan
revitalisasi terhadap backbone brand mereka seperti melakukan revitalisasi
terhadap tagline atau slogan produk-produk
mereka. Misalnya merubah tagline Gudang Garam Merah dari “Buktikan Merahmu” menjadi “Nyalakan Merahmu” dan
tagline Gudang Garam Internasional dari
“Pria Punya Selera” menjadi “Bukan Hanya Petualangan”. Dalam melaksanakan promosi produknya PT Gudang Garam tbk
membuat event yang bertajuk “Gudang Garam
Inter Music Java Rockin’Land” yang diselenggarakan dibeberapa kota-kota besar. PT Gudang Garam tbk mengangkat genre rock untuk
menguatkan positioning produk Gudang
Garam Internasional sebagai rokoknya para pria, Segmentsi pasar Seperti yang
sudah diberitahukan diatas pada price dan product kisaran harga produk rokok ini yaitu mulai dari Rp 10.000 sampai 20.000,
produk ini memiliki segmen pasar umum. Produk
ini bisa masuk ke masyarakat yang tingkat ekonominya menengah ke bawah. Selain
itu, PT Gudang Garam tbk juga mendekatkan produk
ini untuk kalangan dewasa muda guna menghilangkan
hambatan emosional yang kerap muncul pada konsumen dewasa muda. Produk ini di
distribusikan ke supermarket, agen-agen maupun
toko-toko kecil
Pada tahun 1990 Gudang Garam mencatatkan
sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, yang mengubah statusnya
menjadi perusahaan Terbuka.
Sumber Pustaka :
http://www.gudanggaramtbk.com
No comments:
Post a Comment