Friday, September 15, 2017

Proses Bisnis PT.GUDANG GARAM Tbk.


PT.GUDANG GARAM Tbk.
Description: http://www.gudanggaramtbk.com/assets/images/about/milestone/1958.jpg
1958 Gudang Garam Ditemukan Adalah titik awal berdirinya perusahaan rokok Gudang Garam yang bermula dari sebuah industri rumahan. Produk kretek yang diproduksi pertama kali adalah SKL dan SKT.
Disini penulis akan menjabarkan tentang proses bisnis yang ada di dalam peusahaan PT Gudang Garam Tbk. adalah sebuah perusahaan produsen rokok populer asal Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo, yang merupakan pemimpin dalam produksi rokok kretek.

Perusahaan ini terletak di kota Kediri. Perusahaan ini menempatkan pabriknya di kota Kediri karena perusahaan ini memiliki kompleks tembakau sebesar 514 area dan lebih dekat dengan bahan bakunya di kota Kediri, Jawa timur. Lokasi pabrik ini dekat dengan pemukiman masyarakat sehingga sering terjadi konflik karena polusi udara dari bau cengkeh dan tembakau dari truk-truk yang parkir di area pabrik.  Sumber daya manusia diambil dari masyarakat sekitar daerah tersebut.
Didalam proses bisnisnya PT Gudang Garam tbk mempromosikan produknya melalui iklan-iklan di televisi, radio maupun Koran. Selain itu promosi produk juga dilakukan lewat spanduk yang di pasang diberbagai tempat dan pemasangan billboard. PT Gudang Garam tbk dalam perjalanannya juga melakukan revitalisasi terhadap backbone brand mereka seperti melakukan revitalisasi terhadap tagline atau slogan produk-produk mereka. Misalnya merubah tagline Gudang Garam Merah dari “Buktikan Merahmu” menjadi “Nyalakan Merahmu” dan tagline Gudang Garam Internasional dari “Pria Punya Selera” menjadi “Bukan Hanya Petualangan”. Dalam melaksanakan promosi produknya PT Gudang Garam tbk membuat event yang bertajuk “Gudang Garam Inter Music Java Rockin’Land” yang diselenggarakan dibeberapa kota-kota besar. PT Gudang Garam tbk mengangkat genre rock untuk menguatkan positioning produk Gudang Garam Internasional sebagai rokoknya para pria, Segmentsi pasar Seperti yang sudah diberitahukan diatas pada price dan product kisaran harga produk rokok ini yaitu mulai dari Rp 10.000 sampai 20.000, produk ini memiliki segmen pasar umum. Produk ini bisa masuk ke masyarakat yang tingkat ekonominya menengah ke bawah. Selain itu, PT Gudang Garam tbk juga mendekatkan produk ini untuk kalangan dewasa muda guna menghilangkan hambatan emosional yang kerap muncul pada konsumen dewasa muda. Produk ini di distribusikan ke supermarket, agen-agen maupun toko-toko kecil
Pada tahun 1990 Gudang Garam mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, yang mengubah statusnya menjadi perusahaan Terbuka.
Sumber Pustaka :
http://www.gudanggaramtbk.com

No comments:

Post a Comment